Jumat, 22 September 2017

Ribuan Santri Siap Sukseskan Bandung Lautan Mengaji

id ribuan santri,bandung lautan mengaji
Antarajabar.com - Ribuan santri dari berbagai pesantren di Jawa Barat siap mensukseskan kegiatan Bandung Lautan Mengaji yang  dipusatkan di Masjid Raya Bandung, Sabtu (20/5) dalam rangka menyambut kesucian Bulan Ramadhan.
        
"Selain menyambut Ramadhan kegiatan Bandung Lautan Mengaji untuk menguatkan dan menggugah semangat iman anak bangsa," kata Koordinator Wilayah Jawa Barat Bandung Lautan Mengaji, Cucun A Syamsurizal saat menghadiri Musabaqoh Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al-Jawami, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis.
        
Ia menuturkan acara menyambut bulan Suci Ramadhan itu akan melibatkan ribuan santri untuk membacakan hapalan Al-Quran di Masjid Raya Bandung.
        
Acara yang rencananya dipimpin langsung oleh Muhaimin Iskandar selaku inisiator Nusantara Mengaji itu, kata Cucun akan memberikan semangat dan mempererat anak bangsa terutama umat Islam.
        
"Nanti ada semboyan cinta tanah air menjadi bagian dari iman," katanya.
        
Ia menjelaskan tujuan pelaksanaan Bandung Lautan Mengaji itu salah satu upaya bangsa maupun para pimpinan-pimpinan nasional untuk saling mengingatkan menjaga kesatuan dan pesatuan bangsa.
        
Selain Bandung Lautan Mengaji, kata dia ada program lain yakni Nusantara Mengaji yang tidak akan putus selama Bulan Ramadhan dan akan diselenggarakan padai berbagai daerah di Indonesia.
        
"Hari ini ada Bekasi Mengaji, besok Serang Mengaji, sampai nanti saat bulan Ramadhan enggak akan putus-putus," katanya.
        
Ia menyampaikan tujuan lainnya untuk mengajak para umat Islam tidak hanya sebatas mampu menghafal Al-Quran, tetapi dapat lebih memperdalam dan mengkaji setiap ayat maupun surah yang dibacanya.
        
Menurut dia selama ini masih ada yang salah menafsirkan isi Al-Quran dan menyalahgunakan ayat-ayat Al-Quran untuk kepentingan lainnya.
        
"Jadi kegiatan ini sekaligus menggugah untuk tidak hanya membaca Al-Quran saja tapi juga mengkajinya," katanya.
        
Agenda kegiatan itu diawali dengan para peserta berkumpul sejak pukul 03.00 WIB kemudian melakukan salat tahajud berjamaah.
        
Selanjutnya para peserta mulai mukadimah seribu kali khatam Al-Quran dilanjutkan dengan khotmil Quran, kemudian shalat subuh berjamaah.
        
Selanjutnya berjalan ke Monumen Bandung Lautan Api untuk jalan santai dan mengikuti orasi kebangsaan sekaligus pembagian 'doorprize' dengan hadiah utama umroh.

    

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga