Jumat, 20 Oktober 2017

Amerika-Jepang Ikuti West Java Usik Penca Festival

id Amerika-Jepang ,Ikuti West Java Usik Penca Festival
Amerika-Jepang Ikuti West Java Usik Penca Festival
Dua orang pesilat beraksi pada ajang West Java Usik Penca Festival 2017 yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat di Taman Budaya Dago Tea House Bandung, dari tanggal 10 hinga 12 Agustus 2017. (Iqbal Jaya Chasbi)
Antarajabar.com - Dua negara yakni Amerika Serikat dan Jepang mengikuti ajang West Java Usik Penca Festival 2017 yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat di Taman Budaya Dago Tea House Bandung, dari tanggal 10 hinga 12 Agustus 2017.
        
"Selain diikuti oleh 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, ada dua negara yang ikut West Java Usik Penca Festival 2017 yakni Amerika dan Jepang," kata Ketua MASPI (Masyarakat Pencak Silat Indonesia) Jawa Barat Asep Gurwawan, di Bandung, Jumat.
        
Ia mengatakan tujuan digelarnya West Java Usik Penca Festival untuk melestarikan seni bela diri tradisional Jawa Barat yakni Pencak Silat agar terhindar dari segala bentuk yang dapat mengakibatkan terjadinya kepunahan terhadap seni bela diri tradisional tersebut.
        
"Ini salah satu untuk melestarikan budaya leluhur khususnya Jawa Barat.Seni bela diri Pencak Silat menjadi benteng pertahanan jati diri bangsa, dan bukan saja mendunia, tetapi juga kembali membumi sebagai sistem budaya Bangsa Indonsia," kata Asep.
        
Ia menambahkan,saat ini pemerintah sedang berjuang untuk menjadikan Penca Silat sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO dan ajang yang tersebut merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh pihaknya untuk menjadikan Pencak Silat sebagai warisan budaya yak benda yang diakui oleh UNESCO.
        
"Kita sedang berusaha pencak silat untuk diakui sebagai warisan budaya tak benda UNESCO, memang prosesnya cukup panjang tapi saya optimistis Pencak Silat bisa diakui oleh UNESCO, "kata dia
   
Asep menambahkan ada dua dimensi dalam ide pewarisan pencak silat yakni olahraga dan tradisi serta gelaran ini merupakan bentuk menaikkan kelestarian pencak silat tradisi.
        
Selain itu, pihaknya juga berharap agar ajanfg serupa bisa menjadi agenda rutin yang berkesinambungan sebagai bentuk memasyarakatkan pencak silat pada masyarakat Indonesia sendiri dan hal ini jadi penting mengingat salah satu bahan verifikasi UNESCO untuk memberikan statusnya terhadap pencak silat adalah sejauh mana masyarakat Indonesia mencintai seni bela diri tradisi ini.
        
Ajang West Java Usik Penca Festival yang akan dilaksanakan dalam bentuk pertunjukan atraksi Penca Silat oleh perwakilan peserta, atraksi non stop para pendekar pencak silat menggunakan tangan kosong dan bersenjata baik secara beregu atau perseorangan, pameran, dan diskusi dengan berbagai tokoh Pencak Silat nasional.
    

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga