Jumat, 20 Oktober 2017

Jabar Tertarik Kembangkan Persilangan Sapi Pasundan-Belgia

id Jabar, Sapi Pasundan, Belgia
Antarajabar.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menjajaki peluang kerja sama bidang peternakan melalui persilangan bibit sapi Belgian Blue dengan sapi lokal Jawa Barat, yaitu Sapi Pasundan.

Ketertarikan Pemprov Jawa Barat untuk melakukan persilangan bibit Sapi Belgia dengan Sapi Pasundan dicetuskan di sela-sela rangkaian kunjungan Gubernur Jawa Barat di Wallonia, Belgia.

"Kunjungan di Belgia akan ditutup dengan kunjungan ke Peternakan Belgian Blue dan Liege University dalam rangka menjajaki peluang kerja sama bidang peternakan melalui persilangan bibit sapi Belgian Blue dengan sapi lokal Jawa Barat yaitu Sapi Pasundan," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dalam siaran persnya, Kamis.

Jenis sapi Belgian Blue merupakan ras unggul dengan kualitas daging yang sangat baik di Eropa.

Menurut dia, kerja sama bidang peternakan ini merupakan salah satu agenda prioritas untuk memenuhi kebutuhan domestik masyarakat Jawa Barat akan pasokan sapi pedaging.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau mendampingi Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla beserta rombongan menghadiri festival kebudayaan Indonesia, Europalia, Selasa (10/10), di Brussel Belgia.

Festival Seni Budaya Europalia yang dihadiri Raja Belgia dan Ratu ini melibatkan 316 seniman dengan menampilkan pameran barang seni, benda bersejarah, beberapa destinasi wisata, sastra, pemutaran film, performa seni, hingga pertemuan bisnis dengan para pengusaha.

Acara dwi tahunan ini digelar selama empat bulan dari Oktober 2017 hingga Januari 2018. Rangkaian kegiatan Festival Seni Budaya Europalia akan diselenggarakan di tujuh negara di Eropa yaitu Belgia, Inggris, Perancis, Polandia, Jerman, Belanda dan Austria.

Tari Nani Topeng Losari Cirebon, Pertunjukan Voice of Papua dan Tari Saman Gayo Lues, tampil menyemarakan acara Festival Seni Budaya Europalia.

Editor: Ajat Sudrajat

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga